BLOG Angel Residence

Angel Residence: Ini Dia 4 Ciri Khas Rumah Klasik Eropa

Angel Residence: Ini Dia 4 Ciri Khas Rumah Klasik Eropa

Angelresidence.id, Jakarta BaratRumah dengan desain klasik selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Selain karena desainnya yang mewah dan unik, rumah desain klasik memiliki berbagai ciri khas yang tidak dimiliki rumah modern kontemporer.

Meskipun terkesan kuno, rumah desain klasik memiliki daya tarik unik tersendiri. Detail rumah memunculkan kesan nostalgia pada rumah-rumah era klasik eropa menjadi salah satu daya tarik utamanya. Kesan kemewahan yang kentara dari rumah desain klasik semakin digandrungi masyarakat Indonesiadi tengah membanjirnya desain rumah kontemporer yang lebih minimalis dan modern.

Salah satu rumah dengan desain klasik yang berlokasi di Jakarta Barat adalah Angel Residence. Angel Residence merupakan kawasan perumahan yang dikembangkan oleh pengembang properti PT Bangungraha Mitra Kharisma. Dibangun di atas lahan seluas 6.4 hektar, Angel Residence mengusung gaya arsitektur modern klasik khas Eropa. Kesan mewah langsung terasa begitu memasuki gerbang perumahan yang disambut patung malaikat yang menjadi ciri khas Angel Residence.

Apa yang menjadi ciri khas rumah desain klasik sehingga rumah dengan desain Eropa ini tak lekang oleh waktu? Simak selengkapnya di sini.

Desain Eksterior yang Simetris

Salah satu ciri khas desain rumah klasik Eropa adalah penggunaan aspek geometris yang presisi. Hal ini menyebabkan tampilan ekterior rumah dengan desain klasik tampak lebih simetris. Untuk menonjolkan kesan simetris dari rumah dengan desain klasik, biasanya dikembangkan pilar-pilar yang ditempatkan di depan rumah.

Biasanya di bagian dalam rumah, pilar digunakan untuk pembatas dari masing-masing ruangan. Sedangkan untuk pilar di bagian luarnya, biasanya terdapat dua buah yang terletak di sebelah kiri dan kanan sebagai akses masuk ke dalam rumah. Umumnya bentuk dari pilar tersebut seperti hexa atau silinder, tergantung dari desain rumah bergaya Eropa yang diinginkan.

Penggunaan pilar-pilar tersebut memberikan kesan simetris bagi keseluruhan tampilan rumah. Begitu juga dengan rumah di Angel Residence yang dikembangkan dengan pilar yang menjulang dari lantai 1 hingga lantai 2. Keberadaan pilar tersebut memberikan kesan simetris yang kentara dan memunculkan kesan mewah gaya khas kalasik Eropa.

Ukiran yang Khas pada Desain Interior Rumah

Selain tampilan rumah yang simetris pada bagian eksterior, rumah dengan desain klasik Eropa juga dilengkapi dengan berbagai ukiran khas yang hanya ditemukan pada rumah-rumah bergaya Eropa klasik. Penggunaan ornamen berukir yang khas dapat ditemukan dengan mudah sebagai unsur dekoratif utama interior rumah dengan desain klasik.

Berbagai elemen dekorasi pada interior rumah menerapkan unsur-unsur ukiran yang khas seperti ukiran simetris, bentuk-bentuk geometris yang khas, dan berbagai ukiran lainnya. Ukiran-ukiran khas tersebut memunculkan kesan kemewahan yang hanya terdapat di rumah bergaya klasik Eropa.

Memiliki Atap yang Tinggi dan Miring

Salah satu ciri khas rumah dengan desain klasik Eropa adalah atapnya yang tinggi dan miring. Secara umum, rumah bergaya Eropa jika dilihat dari luar mempunyai atap yang tinggi dan miring. Sehingga bentuk rumah dan atapnya akan terlihat lebih seimbang.

Atap yang miring sendiri memiliki fungsi tertentu di Eropa sendiri. Salah satu fungsinya adalah atap yang miring akan mudah untuk dibersihkan saat adanya kotoran yang menempel seperti daun gugur, jika dibandingkan dengan rumah yang beratap datar.

Tetapi, untuk beberapa negara Eropa seperti Perancis, atapnya berbentuk tidak miring dan tinggi, namun mempunyai kubah serta garis-garis sederhana. Jika di Spanyol, maka rumahnya menggunakan atap yang cenderung datar, yang dilapisi genteng (terbuat dari tanah liat).

Penggunaan Elemen Warna Rumah Desain Klasik Eropa

Salah satu ciri khas lainnya dari rumah dengan desain klasik Eropa adalah penggunaan elemen warna yang khas. Umumnya model rumah klasik sering tampil dengan warna-warna terang seperti putih, ivory atau beige.

Warna-warna tersebut bisa berdiri sendiri tanpa ada tambahan warna lain. Namun, banyak juga sebagian orang yang memberikan sedikit tambahan warna seperti cokelat dan kuning emas untuk menguatkan kesan mewah.

Angel Residence menggunakan campuran warna ivory dan kuning emas untuk menonjolkan kesan klasik mewah khas Eropa. Penggunaan warna ekterior yang didominasi warna putih dan ivory dipadu padankan dengan penggunaan warna interior bertema emas. Hal ini membuat rumah di Angel Residence semakin mewah dan klasik. (ADR)

ImgWaNow wa